Selasa, Januari 17, 2017

SEMINAR NASIONAL MM UNJA 2017 "Pengembangan Ekonomi Kratif Sebagai Basis Perekonomian Daerah Jambi"



PROGRAM  PASCASARJANA 
PROGRAM  MAGISTER MANAJEMEN  

TERM OF REFERENCE

SEMINAR SEHARI
 “PENGEMBANGAN  EKONOMI  KREATIF SEBAGAI BASIS PEREKONOMIAN DAERAH JAMBI

PENDAHULUAN
Kinerja dan pengembangan   ekonomi  kreatif menjadi bagian penting dalam pembangunan secara luas baik di tingkat Nasional  maupun daerah.   Lingkupnya  demikian  luas, tidak hanya fokus kepada satu kegiatan, akan tetapi meliputi semua kegiatan  yang kecenderungannya digerakkan sendiri oleh potensi masyarakat dimana dibutuhkan kombinasi informasi, kreatifitas dan teknologi dan informasi . Di dalamnya, didapat 15 jenis kegiatan  mulai dari 1) periklanan, 2) arsitektur, 3)  pasar barang seni, 4)  kerajinan, 5) desain, 6) fesyen, 7) videio, 8) permainan interaktif, 9) seni pertunjukan, 11) penerbitan dan percetakan, 12) layanan komputer dan piranti lunak, 13) televisi dan radio (broacasting), 14)  riset dan pengembangan , dan 15) kuliner. Dari laporan yang bisa dipelajari  pertumbuhan bidang kegiatan seperti di atas sangat cepat, walau kinerjanya belumlah optimal bila dilihar dari sumbangsihnya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).
Pengembangan  jenis kegiatan  seperti itu bagaimanapun terletak kepada unsur manusia yang didalamnya terdapat skill, kompentensi dan kemauan   belajar. Untuk itu dibutuhkan satu perubahan daripada cara pandang, midset, kemampuan bersaing,  dan kegigihan tanpa menyerah pelaku dimana manusianya adalah para pembelajar. Dengan  demikian,  para pelaku adalah mereka yang dapat mengadopsi tuntutan perubahan dan menggunakan setiap kesempatan.
Secara strategis, pelaku ekonomi  kreatif berada dalam satu lingkungan  baik lingkungan  mikro maupun makro dimana masing-masingnya memberikan dapak terhadap kinerja pelaku ekonomi kreatif. Dari laporan yang dapat dipelajari, terungkap bahwa pertumbuhan kinerja ekonomi  kreatif  dapat berkembang lebih cepat dari perkembangan  ekonomi   global, namum kondisi ini belum berada pada satu tatanan dimana. Oleh karena sangat  dibutuhkan satu kondisi dimana pelaku  bermitra dengan  seluruh pemangku kepentingan   yang dapat memberi makna nyata  terhadap kinerja ekonomi  kreatif baik di tingkat lokal maupun Nasional .
Tantangan pengembangan  ekonomi  kreatif  termasuk UMKM sekarang ini salah satunya adalah inovasi  secara luas yang dapat muncul bilamana terjadi perubahan internal para pelaku bisnis.  Sehingga, manakala satu jenis industri kreatif berkembang, siklus yang dihadapi seharusnya adalah siklus yang lebih memberikan nilai tambah kepada industri secara keseluruhan dan termasuk kepada perekonomian lokal. Inovasi lahir dari sumberdaya yang  berdaya saing dimana mereka dapat memainkan peran maksimal untuk pengembangan  binsis mereka di satu sisi, sementara di sisi lain dapat juga menjadi basis perekonomian  di tingkat daerah bahkan menjadi penopang daya saing   daerah itu sendiri.
Ekonomi  kreatf yang berjalan sesuai dengan  rute yang dikehendaki pada akhirnya akan menghasilkan  pelaku lokal yang menghasilkan local branding yang diharapkan tidak saja berkembang di satu daerah, tapi lintas daerah. Beberapa local branding secara perlahan dikenal dan bahkan dapat   berkembang mulai tumbuh untuk memberikan respon kepada perubahan lingkungan  dan pengelolaan kesempatan menjadi bisnis yang kuatt.  
Dalam pertimbangan seperti itu, Seminar yang dikemas dalam tema “Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk Basis Perekonomian Daerah Jambi ”   bertujuan untuk memberikan pemahan, gagasan perkembangan ekonomi  kreatif di provinsi Jambi  dan menarik  pembelajaran  dari perkembangan  local branding. Di samping itu, seminar juga dimaksudkan sebagai bagian daripada diseminasi hasil penelitian dosen di program  Magister Manajemen,  yang yang menggunakan dana  pada Tahun anggaran 2016.  Selanjutnya,  seminar juga dimaksudkan sebagai wadah bagi penyebaran ide  mahasiswa MM yang secara khusus mengontrak tugas mata kuliah di Topik Bidang Konsentrasi, dimana mahasiswa diwajibkan untuk memperesentasikan ide maupun gagasannya. Adapun tema yang diusung dalam seminar sehari kali ini adalah MENGGAGAS KINERJA EKONOMI  KREATIF DAN MENOPANG PERKEMBANGAN  LOCAL BRANDING DI Provinsi Jambi.


TUJUAN
Dari penyelenggaraan Seminar Sehari ini diharapkan dapat :
1)    Memberikan pemahaman tentang pengembangan  inovasi dan kreatifitas dalam pengembangan    bisnis   ekonomi  kreatif  secara strategis.
2)    Menarik pembelajaran  berkaitan dengan  perkembangan   local branding di Jambi .   
3)    Memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah dalam penciptaan lingkungan  ekonomi  kreatif yang kondusuif yang menjadikan ekonomi  kretif sebagai  bagian dari dasar  pembangunan daerah.

WAKTU DAN TEMPAT PENYELENGGARAAN

Penyelenggaraan seminar sehari ini direncanakan mulai pukul 9.00 – 16.00 WIB pada Hari Sabtu, Tanggal 24  Februari 2016  bertempat di  Hotel Aston
Jambi .


KEYNOTE SPEECH
1.    Bapak. Zumi Zola, Gubernur Provinsi Jambi (Main Optional)
2.    Bapak. Fasha Syarif, Walikota Kota Jambi (Second Optional)

PEMBICARA
1. Bapak Prof. Dr. Renald Khasali, S.E. MBA,  CEO Rumah Perubahan    
2. Bapak.  Simon  CEO dan Owner Saimens Group Jambi    

 PESERTA :
Peserta seminar sehari ini akan terdiri dari:
1)    Mahasiswa  MM Angkatan 20                                                             : 30 Orang
2)    Mahasiswa MM Angkatan 21                                                              : 60 Orang
3)    Mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi (Semua Angkatan           : 70 Orang
4)    Dosen dan peneliti                                                                               : 10 Orang
5)    Pelaku Bisnis dan Industri Lokal Jambi                                              : 15 Orang

Estimasi jumlah peserta 175 orang


PENYELENGGARA

Tim penyelenggara terdiri dari steering committee yang melibatkan unsur pengelola dan dosen program MM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar