PROGRAM
PASCASARJANA
PROGRAM MAGISTER
MANAJEMEN
TERM
OF REFERENCE
SEMINAR SEHARI
“PENGEMBANGAN EKONOMI
KREATIF SEBAGAI BASIS PEREKONOMIAN DAERAH JAMBI”
PENDAHULUAN
Kinerja dan pengembangan ekonomi
kreatif menjadi bagian penting dalam pembangunan secara luas baik di
tingkat Nasional maupun daerah. Lingkupnya
demikian
luas, tidak hanya fokus kepada satu kegiatan, akan tetapi meliputi semua
kegiatan yang kecenderungannya
digerakkan sendiri oleh potensi masyarakat dimana dibutuhkan kombinasi
informasi, kreatifitas dan teknologi dan informasi . Di dalamnya, didapat 15
jenis kegiatan mulai dari 1) periklanan,
2) arsitektur, 3) pasar barang seni, 4) kerajinan, 5) desain, 6) fesyen, 7) videio,
8) permainan interaktif, 9) seni pertunjukan, 11) penerbitan dan percetakan,
12) layanan komputer dan piranti lunak, 13) televisi dan radio (broacasting),
14) riset dan pengembangan , dan 15)
kuliner. Dari laporan yang bisa dipelajari
pertumbuhan bidang kegiatan seperti di atas sangat cepat, walau
kinerjanya belumlah optimal bila dilihar dari sumbangsihnya terhadap Produk
Domestik Bruto (PDB).
Pengembangan jenis kegiatan seperti itu bagaimanapun terletak kepada
unsur manusia yang didalamnya terdapat skill, kompentensi dan kemauan belajar. Untuk itu dibutuhkan satu perubahan daripada cara pandang,
midset, kemampuan bersaing, dan
kegigihan tanpa menyerah pelaku dimana manusianya adalah para pembelajar.
Dengan demikian, para pelaku adalah mereka yang dapat
mengadopsi tuntutan perubahan dan menggunakan setiap kesempatan.
Secara strategis, pelaku ekonomi kreatif berada dalam satu lingkungan baik lingkungan mikro maupun makro dimana masing-masingnya
memberikan dapak terhadap kinerja pelaku ekonomi kreatif. Dari laporan yang dapat dipelajari, terungkap bahwa pertumbuhan kinerja
ekonomi kreatif dapat berkembang lebih cepat dari
perkembangan ekonomi global, namum kondisi ini belum berada pada
satu tatanan dimana. Oleh karena sangat dibutuhkan satu kondisi dimana pelaku bermitra dengan seluruh pemangku kepentingan yang dapat memberi makna nyata terhadap kinerja ekonomi kreatif baik di tingkat lokal maupun Nasional
.
Tantangan pengembangan ekonomi
kreatif termasuk UMKM sekarang
ini salah satunya adalah inovasi secara
luas yang dapat muncul bilamana terjadi perubahan internal para pelaku bisnis. Sehingga, manakala satu jenis industri kreatif
berkembang, siklus yang dihadapi seharusnya adalah siklus yang lebih memberikan
nilai tambah kepada industri secara keseluruhan dan termasuk kepada
perekonomian lokal. Inovasi lahir dari sumberdaya yang berdaya saing dimana mereka dapat memainkan
peran maksimal untuk pengembangan binsis
mereka di satu sisi, sementara di sisi lain dapat juga menjadi basis
perekonomian di tingkat daerah bahkan menjadi
penopang daya saing daerah itu sendiri.
Ekonomi kreatf yang berjalan sesuai dengan rute yang dikehendaki pada akhirnya akan
menghasilkan pelaku lokal yang
menghasilkan local branding yang
diharapkan tidak saja berkembang di satu daerah, tapi lintas daerah. Beberapa
local branding secara perlahan dikenal dan bahkan dapat berkembang mulai tumbuh untuk memberikan
respon kepada perubahan lingkungan dan
pengelolaan kesempatan menjadi bisnis yang kuatt.
Dalam pertimbangan seperti itu, Seminar
yang dikemas dalam tema “Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk Basis Perekonomian Daerah Jambi ” bertujuan
untuk memberikan pemahan, gagasan perkembangan ekonomi kreatif di provinsi Jambi dan menarik
pembelajaran dari
perkembangan local branding. Di samping itu, seminar juga dimaksudkan sebagai
bagian daripada diseminasi hasil penelitian dosen di program Magister Manajemen, yang yang menggunakan dana pada Tahun anggaran 2016. Selanjutnya,
seminar juga dimaksudkan sebagai wadah bagi penyebaran ide mahasiswa MM yang secara khusus mengontrak tugas mata kuliah di Topik Bidang
Konsentrasi, dimana mahasiswa diwajibkan untuk memperesentasikan ide maupun
gagasannya. Adapun tema yang diusung dalam seminar sehari kali ini adalah “MENGGAGAS KINERJA EKONOMI KREATIF
DAN MENOPANG PERKEMBANGAN LOCAL BRANDING DI Provinsi Jambi”.
TUJUAN
Dari
penyelenggaraan Seminar Sehari ini diharapkan dapat :
1)
Memberikan pemahaman tentang pengembangan inovasi dan kreatifitas dalam
pengembangan bisnis ekonomi
kreatif secara strategis.
2)
Menarik pembelajaran
berkaitan dengan perkembangan local branding di Jambi .
3)
Memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah dalam
penciptaan lingkungan ekonomi kreatif yang kondusuif yang menjadikan
ekonomi kretif sebagai bagian dari dasar pembangunan daerah.
WAKTU
DAN TEMPAT PENYELENGGARAAN
Penyelenggaraan
seminar sehari ini direncanakan mulai pukul 9.00 – 16.00 WIB pada Hari Sabtu, Tanggal
24 Februari 2016 bertempat di
Hotel Aston
Jambi .
Jambi .
KEYNOTE
SPEECH
1.
Bapak.
Zumi Zola, Gubernur Provinsi Jambi (Main Optional)
2.
Bapak.
Fasha Syarif, Walikota Kota Jambi (Second Optional)
PEMBICARA
1. Bapak
Prof.
Dr. Renald Khasali, S.E.
MBA,
CEO Rumah Perubahan
2. Bapak. Simon CEO dan Owner Saimens Group Jambi
PESERTA :
Peserta seminar
sehari ini akan terdiri dari:
1)
Mahasiswa MM Angkatan 20 : 30 Orang
2)
Mahasiswa MM Angkatan 21 : 60 Orang
3)
Mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi (Semua Angkatan : 70 Orang
4)
Dosen dan peneliti : 10 Orang
5)
Pelaku Bisnis dan Industri Lokal Jambi : 15 Orang
Estimasi jumlah peserta 175 orang
PENYELENGGARA
Tim
penyelenggara terdiri dari steering committee yang melibatkan unsur pengelola
dan dosen program MM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar