Jumat, Maret 17, 2017

FUNGSI KONSUMSI DAN FUNGSI TABUNGAN



1.      Pada tingkat pendapatan nasional sebesar 100 Mrp, besarnya konsumsi sebesar 85 Mrp. Pada tangkat pendapatan nasional sebasar 120 Mrp, besarnya konsumsi sebesar 100 Mrp. Mrp (Milyar Rupiah)
  1. Carilah fungsi konsumsinya!
  2. Break-even point tercapai pada tingkat pendapatan nasional sebesar berapa?
Jawab :
a.    APC 100 = C85/Y100 = 85/100 = 0,85
APC 120 = C100/Y120 = 100/120 = 10/12

Besarnya MPC
MPC = DC/DY = (C100/C85) / (Y120/Y100)
                          = (100 – 85) / (120 – 100)
                          = 15 / 20
                          = 0,75
Dengan menggunakan funsi konsumsi, maka
C = (APCn – MPC) Yn + MPC.Y
C = (0,85 – 0,75) 100 + 0,75.Y
C = 10 + 0,75 Y

b.    Y = C atau Y – C = 0
Y – (10 + 0,75 Y) = 0
Y – 10 – 0,75 Y = 0
0,25 Y = 10
Y = 40 Miliyar Rupiah

2.      Pada perekonomian dua sektor diketahui data-data sebagai berikut :
Konsumsi : C = 0,75Y + 100
Berdasarkan data di atas, hitung dan gambarkanlah fungsi tabungan pada masyarakat tersebut!

jawab :

dengan perumusan :
                              S = (1 – b) Y – a
                              S = (1 – 0,75) Y – 100
                              S = 0,25 Y – 100
Y - Y
 


S
 


100
80
BEP
 
20
40
45O
 
20
                                  
Y/Tahun (dalam miliyar rupiah)
 
         0             20        40        60        80        100

-20
-40
C
 
-60
-80
-100

3.      Pada suatu perekonomian diketahui fungsi konsumsi C = 0,80Y + 30.
Isilah tabel berikut :
Y = C + S              APSn = Sn / Yn
C = Y – S              APCn = Cn / Yn

Contoh :
  1. Y = 700 à      C = 0,80(700) + 30     C = 560 + 30               C = 590
                              S = Y – C                    S = 700 – 590              S = 110
                              APC = C/Y                 APC = 590/700           APC = 0,843
                              APS = S/Y                  APS = 110/700           APS = 0,157

No
Y
C
APC
S
APS
1
700
590
0,843
110
0,157
2
800
670
0,837
130
0,162
3
1200
990
0,825
210
0,175
4
500
430
0,86
70
0,14
5
1900
1550
0,815
350
0,184
6


0,875


7



150

8



250

9




0,15
10




0,17

Kamis, Maret 16, 2017

bagaimana lingkungan globalisasi dapat meningkatkan daya kompetitif sebuah organisasi untuk tampil lebih menonjol di suatu market? Berikan contoh dengan menggunakan salah satu organisasi lokal yang terpengaruh oleh lingkungan globalisasi di Indonesia yang anda tahu (misalnya Gojek, Zalora, MAP, Matahari Mall, dll).



Menurut saya lingkungan globalisasi bisa diartikan menyeluruh jadi kalo kita mempunyai organisai, usaha atau bisnis kalau tidaka adanya kompotitor atau persaingan  maka sebuah organisasi, usaha atau bisnis tidak akan mempunyai tantangan, tetapi dengan adanya persaingan organisasi, usaha atau bisnis akan memperbaiki dirinya kalo mau bertahan dilingkungan organisasi, usaha atau bisnis nya kalau mereka tidak mau bertahan mereka akan kalah dalam persaingan.
Tetapi dengan adanya persaingan secara global itu membangun keingginan dari organisasi, usaha atau bisnis itu akan lebih maju dan lebih besar, apa kemudian yang menjadikan lebih maju dan lebih besara adalah sebuah perbedaan dan keunikan. Seperti contoh nya GOJEK dan ZALORA mereka mau tidak mau harus mencari peluang yang lebih menarik lagi untuk menarik konsumennya..
Contoh :
 ojek biasa kalo kita ingin menggunakan jasanya kita harus kepangkalan ojek terlebih dahulu, sebelum kita memberi tujuan kita..harus ada transaksi harga terlebih dahulu (tawar-menawa harga) sedangkan perbedaan dengan ojek onlie (gojek) adalah  MUDAH, MURAH, CEPAT dan PASTI HARGANYA (tidak perlu tawar menawar harga)
sedangakan kalo di ZALORA adalah sebuah tempat distribusi barang tadak lebih dari itu (Gudang) tetapi Produknya dari berbagai macam pabrik. Lalu perbedaan dan keunikannya apa ZALORA menggunakan Teknologi (IT) jadi Zalora Online kan semua produk2  melalui media Internet, sehingga para pelanggannya yang sebagian persenya sudah menggunakan Smartphone Zalora akan lebih mudah untuk menjual produk2nya

Selasa, Maret 14, 2017

perbedaan pengertian manajemen dan manajer



  1. Jelaskan perbedaan pengertian manajemen dan manajer! (maks. 250 kata)
  2. Kita sering membaca dan mendengar kata Efektif dan Efisien, jelaskan pengertian efektif dan efisien (Drucker) serta berikan satu contoh dalam aplikasi dalam anda bekerja! (maks. 300 kata)
  3. Sejarah perkembangan Teori Manajemen dapat dilihat melalui: 1). Periode waktu 2). Aliran manajemen dan 3). Kontributornya. Jelaskan sejarah perkembangan manajemen melihat dari ke tiga aspek tersebut! (maks 500 kata)

Jawaban :
1.       Kalau Manajemen adalah sebuah perencanaan dimana sebuah pekerjaan dikelolah oelh SDM untuk mencapai sebuah tujuan. Sedangkan, Manajer adalah orang yang melakukan kegiatan Manajemen

2.       Menurut (Drucker) Efektif adalah mengerjakan sesuatu yang benar (doing the right things) sedeangkan Efesiensi adalah Mengerjakan sesuatu dengan benar ( doing things right)
Contoh : “ ketika bos menyuruh saya untuk mengetik ulang dokumen yang sama dalam waktu yang singkat itu adalah tindakan yang tidak efekti lebih baik saya fotocopy saja itu lebih efesien”

3.       Jadi perkembangan Teori Manajemen memang harus mengacu kepada ke tiga komponen tersebut dimana periode waktu menyatakaan sebuah masa sebuah produk/barang untuk diingat kejayaannya sedangkan aliran manajemennya adalah sebuah teori yang di kemukaakan sesorang dan sebagai kontribusinya teori-teori  tersebut disebar luaskan oleh orang lain dengan maksud tidak merubah teori sebelumnya (teori dikembangkan)