Rabu, Mei 10, 2023

FKIP UNJA Melalui Unit Penjaminan Mutu (UPM) Adakan Program Pelatihan Audit Control Quality Management Berbasis ISO 9001:2015 Pada Semua Jurusan

 


MEDIAONLINE.99| JAMBI : ISO 9001:2015 (International Standardization Organization) merupakan organisasi internasional yang berwenang dalam menciptakan ketentuan atau standar untuk diberlakukan di seluruh dunia. 

Sedangkan angka 9001 sendiri merupakan salah satu produk hasil standarisasi yang dilakukan oleh ISO. ISO 9001 dapat dipahami sebagai ketentuan standar yang diakui secara internasional untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu atau biasa dikenal SMM.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi melalui Unit Penjaminan Mutu (UPM)  telah menganggendakan kegiatan Pelatihan Audit Control quality management brbasis ISO 9001:2015 pada hari selasa 09/05/2023 bertempat di ruang senat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). 

Kegiatan Pelatihan tersebut dihadiri langsung oleh Dekan FKIP Prof.Dr. M. rusdi, S.pd., M.Sc dan Wakil Dekan (WADEK 1) Delita Sartika, S.S., MA., Ph.D  serta peserta pelatihan yang terdiri dari Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan dan tim Unit Penjaminan Mutu. 

Pelatihan Audit Control Quality Management Berbasis ISO 9001:2015 ini langsung diberikan pelatihan oleh bapak Dede Gunawan, ST., MM., MT. Pn., CMT. selaku konsultan atau pemateri dalam kegiatan tersebut, beliau sendiri adalah salah satu pendiri  IRCA Registered Assessor and Tutor yang sudah tersertifikasi dibidangnya dalam memberikan pelatihan dan pengembangan ISO baik dalam scope Perusahaan(industri), Universitas(pendidikan) dan lain sebagainya. 

Kegiatan Audit control quality management berbasis ISO 9001:2015 ini dianggedakan selamat 4 hari mulai tanggal 8-11/05/2023 dengan harapan peserta pelatihan dapat memahami betul arti dari ISO itu sendiri. 

"Pelatihan ini ditunjukan untuk memberikan pengetahuan muali dari persyaratan ISO kemudian bagaimana melakukan Audit, sehingga jurusan bisa mengembangkan sistem ISO sekaligus bisa memperbaiki Imprutmen di masing-masing jurusan" sebut bapak Dede Gunawan saat di wawancarai. 

Harapan dilaksanakannya pelatihan Audit control quality management berbasis ISO ini adalah untuk menstandarisasi layanan yang ada di jurusan FKIP "dengan jurusan berlebel ISO layanan akan menjadi standar, sehingga apa yang  berhubungan dengan ISO dijurusan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan baik untuk mahasiswa maupun dosen, yang secara otomatis akan menaikan citra nilai jurusan tersebut yang akan berdampak kepada mutu layanan yang ada di jurusan" sebutnya kembali bapak Dede Gunawan. 

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prof.Dr. M. rusdi, S.pd., M.Sc menambahkan " kegiatan seperti ini memang harus secepatnya dilakukan di setiap jurusan yang ada di FKIP, karena dengan jurusan sudah di ISO kan maka pelayanan di semua jurusan akan terstandarisasi yang akan brdampak langsung kepada pelayanan baik mahasiswa maupun dosen". 

Pelatihan Audit Control Quality Management Berbasis ISO ini di fokus kan kepada tujuh (7) jurusan yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yaitu Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra(PBS) , Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(PMIPA) ,Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial(PIPS), Jurusan Ilmu Pendidikan (IP), Jurusan Pendidikan Usia Dini dan Dasar(PAUDDAS), Jurusan Sejarah, Seni dan Arkeologi (SESA), dan Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). 

Ketua Unit Penjaminan Mutu Bapak Dr. Iwan Putra, S.E., MS. Ak menyampaikan pentingnya prlatihan ini kepada awak media. "ini salah satu bentuk rangkaian kegiatan dalam hal melaksanakan Re-sertifikasi terutama pelayanan pada semua jurusan yang ada di FKIP Universitas Jambi, dengan harapan nantinya kegiatan ini menjadi bentuk standardisasi dari tata kelola birokrasi pendidikan, yang nantinya FKIP akan menjadi pilot project percontohan untuk fakultas lainnya yang ada di Universitas Jambi."

"Pelatihan ISO ini memberikan insight yan luas bagi kami tentang bagaimana standar kualitas layanan yang baik dan bermutu yang harus kita implementasikan pada Jurusan sebagai medium level of managerial di FKIP Universitas Jambi.

Pelatihan ini pada prinsipnya merupakan  upaya perbaikan internal Jurusan guna memberikan dan meningkatkan service atau layanan yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan kita (Customer Satisfaction) yang dalam hal ini mahasiswa, dosen, stakeholder dan pihak terkait lainnya. 

Banyak hal yang telah kita pelajari melalui pelatihan ini, Hapan kita adalah dengan adanya pelatihan ini, Jurusan bisa menjadi inisiator dalam membuat perubahan layanan, dari yang bersifat Conventional menjadi Professional, yang dapat mendukung serta peningkatan Sistem Managemen Mutu (Quality Management System) di FKIP dan Universitas Jambi." sebut  ibu Dr. Nyimas Triyana Safitri, S.Pd., M.Ed, St. peserta pelatihan dari jurusan PBS.**ekawijaya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar