KOMUNIKASI
Manajer mengumpulkan informasi penting dari dalam maupun luar organisasi dan
kemudian mendistribusikan informasi yang tepat kepada orang lain yang membutuhkannya.
Komunikasi manajer adalah diarahkan dengan sengaja dalam artian ia mengarahkan perhatian semua orang terhadap visi, nilai-nilai, dan tujuan yang diinginkan dari tim atau organisasi dan mempengaruhi orang untuk bertindak dalam cara untuk mencapai tujuan. Manajer memfasilitasi percakapan strategis dengan
menggunakan komunikasi terbuka, aktif mendengarkan kepada orang lain, menerapkan praktek dialog, dan menggunakan umpan balik untuk belajar dan berubah.
Apakah Komunikasi itu?
Seorang profesor di Harvard pernah meminta kelas untuk mendefinisikan “komunikasi” itu dengan menggambar.
Kebanyakan siswa menggambar seorang manajer berbicara atau mengetik pada keyboard komputer. Beberapa menggambar "caption /balon omongan" di samping karakter mereka; dan lain sebagainya. "Bukan begitu", kata profesor kepada kelas, "di antara kalian tidak ada yang menangkap inti dari komunikasi. Dia melanjutkan dengan menjelaskan komunikasi itu berarti "berbagi”, bukan hanya tentang "berbicara" atau "menulis”.
Komunikasi adalah proses dimana informasi dipertukarkan dan dimengerti oleh dua orang atau lebih, biasanya dengan maksud untuk memotivasi atau mempengaruhi perilaku. Komunikasi tidak hanya mengirim informasi.
Proses Komunikasi
Dua elemen penting dalam setiap komunikasi Situasi adalah pengirim dan penerima. pengirim adalah siapa saja yang ingin menyampaikan ide atau konsep kepada orang lain, untuk mencari informasi, atau untuk mengekspresikan pikiran atau emosi. Penerima adalah orang kepada siapa pesan dikirim. Pengirim mengkodekan ide dengan memilih simbol yang digunakan untuk menulis pesan. Pesan adalah rumusan konkrit dari ide yang dikirimkan ke penerima. Pesan tersebut dikirim melalui channel, yang merupakan operator komunikasi. Channel dapat berupa laporan formal, panggilan telepon, pesan e-mail, atau pertemuan tatap muka. Penerima menerjemahkan simbol untuk menafsirkan makna pesan.
Terakhir, umpan balik terjadi ketika penerima merespon komunikasi pengirim dengan pesan balasan. Tanpa umpan balik, komunikasi hanya satu arah; dengan umpan balik, ia menjadi dua arah. Umpan balik alat yang kuat untuk mencapapai efektivitas komunikasi, karena memungkinkan pengirim untuk menngetahui apakah penerima menginterpretasikan pesan dengan benar.
Untuk lebih memahami kompleksitas proses komunikasi, perhatikan elemen kunci yang diuraikan dalam gambar/bagan berikut ini:
Gambar 1:
Model Proses Komunikasi

KOMUNIKASI
ORGANISASIONAL
Aspek lain dari komunikasi manajemen menyangkut organisasi secara keseluruhan. Komunikasi organisasi biasanya dalam tiga arah: ke bawah, ke atas, dan horizontal. Manajer bertanggung jawab untuk
membangun dan mempertahankan
jalur
formal komunikasi dalam tiga arah ini. Manajer juga menggunakan saluran
informal yang, yang berarti mereka keluar dari kantor-kantor mereka dan berbaur
dengan karyawan.
Saluran
Komunikasi Formal
Saluran komunikasi
formal adalah mereka yang mengalir dalam rantai
komando atau tanggung jawab
tugas dari organisasi. Tiga jalur formal dan jenis informasi yang disampaikan di setiap diilustrasikan
dalam Gambar 2. Komunikasi ke bawah dan ke atas adalah bentuk utama komunikasi
yang digunakan di sebagian besar
perusahaan yang terorganisir secara vertikal. Namun, banyak organisasi saat ini menekankan komunikasi horizontal, dengan orang-orang secara berkesinambungan berbagi informasi seluruh departemen dan tingkat.
perusahaan yang terorganisir secara vertikal. Namun, banyak organisasi saat ini menekankan komunikasi horizontal, dengan orang-orang secara berkesinambungan berbagi informasi seluruh departemen dan tingkat.
Gambar 2.
Komunikasi ke Bawah, ke Atas,
dan Horizontal dalam
Organisasi

Saluran
Komunikasi Tim
Penelitian komunikasi tim telah difokuskan pada dua karakteristik: sejauh mana komunikasi tim tersebut terpusat dan sifat alamiah dari tugas tim itu
sendiri. Hubungan antara
karakteristik ini diilustrasikan dalam gambar 3.
Di sebuah jaringan terpusat, anggota tim harus berkomunikasi
melalui satu individu untuk
memecahkan masalah atau membuat keputusan. Dalam jaringan desentralisasi, individu dapat berkomunikasi
bebas dengan anggota tim lainnya. Anggota memproses informasi yang sama di antara mereka sendiri sampai semua sepakat tentang suatu keputusan.
memecahkan masalah atau membuat keputusan. Dalam jaringan desentralisasi, individu dapat berkomunikasi
bebas dengan anggota tim lainnya. Anggota memproses informasi yang sama di antara mereka sendiri sampai semua sepakat tentang suatu keputusan.
Dalam percobaan laboratorium, jaringan komunikasi terpusat dicapai lebih
cepat solusi untuk masalah
sederhana. Setiap
anggota/peserta
hanya
bisa menyampaikan informasi yang relevan
untuk satu orang (yang menjadi
sentral) untuk satu keputusan. Komunikasi
desentralisasi yang lebih lambat untuk masalah sederhana karena informasi disahkan antara individu sampai
seseorang akhirnya menggabungan potongan-potongan informasi dan memecahkan
masalah. Namun, untuk masalah
yang lebih kompleks,
jaringan komunikasi desentralisasi lebih cepat. Karena semua informasi yang
diperlukan tidak terbatas pada satu orang, penyatuan informasi melalui komunikasi
yang terbuka lebar memberikan masukan yang
lebih besar dalam keputusan tersebut. Demikian pula, akurasi pemecahan masalah
terkait dengan kompleksitas masalah.
Gambar 3.
Efektivitas Jaringan
Komunikasi Tim

Implikasi untuk organisasi adalah sebagai berikut: Dalam lingkungan global
yang sangat kompetitif, organisasi biasanya menggunakan tim untuk menangani
masalah yang kompleks. Ketika
kegiatan tim yang kompleks dan sulit, semua anggota harus berbagi informasi
dalam struktur
desentralisasi untuk memecahkan masalah. Tim membutuhkan alur komunikasi dalam
semua arah. Tim yang melakukan tugas rutin menghabiskan lebih sedikit waktu
pemrosesan informasi, dan dengan demikian komunikasi dapat terpusat. Data dapat
disalurkan ke seorang supervisor
untuk keputusan,
dengan demikian membebaskan pekerja untuk menghabiskan waktu pada penyelesaian tugas.
MEMIMPIN KELOMPOK
(TIM)*
BAGAIMANA
MEMBUAT TIM BEKERJA EFEKTIF?
Tim yang berfungsi
dengan baik tidak
terjadi begitu saja. Seorang sosiolog dari universitas Stanford, Elizabeth Cohen meneliti
kelompok kerja di kalangan anak-anak
sekolah dan menemukan bahwa hanya ketika guru
memberikan perhatian lebih dalam menetapkan peran, menetapkan norma-norma, dan menetapkan tujuan bagi mereka, baru kemudian kelompok tersebut dapat berfungsi efektif sebagai sebuah team. Dalam organisasi, tim yang efektif dibangun oleh manajer yang mengambil tindakan spesifik untuk membantu orang-orang yang secara bersama-sama perform dengan baik sebagai sebuah tim.
memberikan perhatian lebih dalam menetapkan peran, menetapkan norma-norma, dan menetapkan tujuan bagi mereka, baru kemudian kelompok tersebut dapat berfungsi efektif sebagai sebuah team. Dalam organisasi, tim yang efektif dibangun oleh manajer yang mengambil tindakan spesifik untuk membantu orang-orang yang secara bersama-sama perform dengan baik sebagai sebuah tim.
Model Efektivitas Tim
Model efektivitas tim
dalam gambar 1
di bawah ini menyediakan suatu struktur untuk pembahasan
dalam bab ini. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas
tim dimulai dengan “organizational context”. Konteks organisasi di mana
tim beroperasi dijelaskan dalam bab
lainnya dan termasuk hal-hal seperti struktur, strategi, lingkungan, budaya,
dan sistem ganjaran. Dalam konteks itu, manajer menentukan suatu tim. Karakteristik penting adalah: tipe tim, struktur tim,
dan komposisi tim. Manajer harus
memutuskan kapan untuk membuat tim permanen dalam struktur formal dan kapan menggunakan tim
tugas sementara.
Keragaman tim dalam hal pengetahuan
dan keterampilan yang terkait masing-masing tugas dalam organisasi bisa
memiliki dampak yang luar biasa pada
proses tim dan efektivitas tim. Selain
itu, keragaman dalam hal gender dan ras mempengaruhi performance tim demikian juga dengan ukuran tim dan peran juga penting. Karakteristik tim ini mempengaruhi proses internal tim,
yang pada gilirannya, mempengaruhi
output, kepuasan,
dan kontribusi tim untuk adaptasi organisasi.
Gambar
1.
Model
Efektivitas Tim Kerja

BEBERAPA
TIPE TIM
Organisasi
menggunakan berbagai jenis tim. Beberapa diciptakan sebagai bagian dari
struktur formal organisasi dan yang lain dirancang untuk meningkatkan
partisipasi karyawan.
1.
Tim
Formal
Adalah
tim resmi yang dibuat oleh organisasi
sebagai bagian dari struktur organisasi formal. Dua jenis umum dari tim formal vertikal dan horisontal, yang biasanya
mewakili hubungan struktural vertikal dan
horisontal.
a.
Tim
Vertikal
Tim vertikal terdiri dari manajer dan
bawahannya dalam rantai formal
komando. Kadang-kadang disebut tim fungsional atau Tim perintah, tim vertikal mungkin dalam beberapa
kasus termasuk tiga atau empat tingkat hirarki dalam suatu departemen fungsional. Biasanya, tim vertikal termasuk
departemen tunggal dalam suatu organisasi.
Analis bagian keuangan, bagian pengendalian kualitas, departemen akuntansi, dan departemen sumber daya manusia adalah semua
tim vertikal. masing-masing dibuat
oleh organisasi untuk mencapai tujuan spesifik melalui aktivitas bersama dan interaksi
para anggota
organisasi.
b. Tim Horizontal
Tim horisontal terdiri dari karyawan
dari sekitar tingkat hirarki yang
sama tetapi dari berbagai wilayah expertise. Sebuah tim horisontal diambil dari beberapa departemen, diberi tugas spesifik, dan dapat dibubarkan
setelah tugas selesai. tim horisontal
meliputi tim lintas fungsional, komite, dan tim dengan tujuan khusus.
2. Tim Mandiri
Beberapa
tim yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi pekerja dalam pengambilan
keputusan dan pelaksanaan pekerjaan
mereka, dengan tujuan meningkatkan kinerja. Keterlibatan karyawan dimulai hanya dengan teknik seperti berbagi
informasi dengan karyawan atau
meminta saran karyawan tentang meningkatkan kualitas kerja. Bertahap, perusahaan bergerak menuju otonomi yang lebih besar bagi karyawan, yang pertama-tama membentuk suatu Tim untuk pemecahan
masalah dan kemudian ke Tim Mandiri.
KARAKTERISTIK TIM
Setelah memutuskan
jenis tim untuk menggunakan, isu berikutnya yang
menjadi perhatian manajer adalah
merancang tim untuk efektivitas terbesar. Karakteristik tim yang menjadi perhatian khusus
adalah
ukuran, keragaman, dan peran anggota.
ukuran, keragaman, dan peran anggota.
Ukuran
Banyak penelitian
menemukan bahwa tim yang lebih kecil tampil lebih baik, meskipun sebagian besar
peneliti mengatakan tidak mungkin
untuk
menentukan ukuran tim yang optimal. Salah satu penyelidikan terbaru ukuran tim
berdasarkan data dari 58 tim pengembangan software menemukan bahwa lima tim
berkinerja terbaik berkisar dalam ukuran dari tiga sampai enam members. Hasil
jajak pendapat Gallup baru-baru ini di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 82 persen karyawan setuju bahwa tim
kecil lebih produktif.
Secara umum, semakin besar ukuran tim, menjadi
sulit untuk setiap anggota untuk
berinteraksi
dengan dan mempengaruhi yang lain.
Subkelompok sering terbentuk di tim yang lebih besar dan konflik di antara mereka dapat terjadi.
Tingkat
pengunduran diri dan absensi yang lebih tinggi karena anggota merasa kurang seperti bagian penting dari tim.
Proyek-proyek besar dapat dibagi ke dalam komponen dan ditugaskan untuk
beberapa tim yang lebih kecil untuk tetap bisa mendapatkan keuntungan/kelebihan
dari tim berukuran kecil.
Keragaman
Karena tim membutuhkan berbagai keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman, nampaknya bahwa tim heterogen akan lebih efektif daripada yang homogen. Secara umum, hasil-hasil penelitian
mendukung ide ini, menunjukkan
bahwa tim yang
beragam menghasilkan solusi yang lebih inovatif untuk pemecahan masalah.
Untuk tim untuk
menjadi sukses dalam jangka panjang, harus di rancang struktur sedemikian rupa sehingga dapat mencapai dua hal
sekaligus: mempertahankan kesejahteraan sosial
dan menyelesaikan tugasnya. Dalam tim yang sukses,
persyaratan
untuk pencapaian kinerja penyelesaian tugas dan kepuasan
sosial terpenuhi oleh munculnya
dari
dua jenis peran: spesialis tugas dan sosioemosional.
MENGELOLA KONFLIK TIM
Karakteristik final
dari proses tim adalah
konflik. Konflik dapat timbul di
antara anggota dalam sebuah tim
atau antara satu tim dengan
yang lain.
Konflik mengacu interaksi antagonis di mana satu pihak mencoba untuk memblokir tujuan (goal) dari yang lain. Kompetisi, yang merupakan persaingan antara individu-individu
atau tim, dapat memiliki dampak yang sehat karena memberikan energi orang
terhadap kinerja yang lebih tinggi.
Setiap kali orang
bekerja sama dalam tim, beberapa konflik tidak bisa dihindari. Membawa
konflik secara terbuka dan secara efektif menyelesaikan konflik tersebut adalah salah satu pekerjaan pemimpin tim yang paling menantang, namun yang paling penting.
konflik secara terbuka dan secara efektif menyelesaikan konflik tersebut adalah salah satu pekerjaan pemimpin tim yang paling menantang, namun yang paling penting.
Menyeimbangkan Konflik dan Kerjasama
Konflik ringan sebetulnya dapat bermanfaat
bagi tim. Tingkat sehat konflik membantu untuk
mencegah “groupthink”, di mana orang sangat berkomitmen untuk tim kohesif bahwa mereka
enggan untuk mengungkapkan pendapat bertentangan.
mencegah “groupthink”, di mana orang sangat berkomitmen untuk tim kohesif bahwa mereka
enggan untuk mengungkapkan pendapat bertentangan.
Namun, konflik yang
terlalu kuat, yang difokuskan pada pribadi daripada bekerja masalah, atau yang tidak dikelola dengan tepat dapat merusak moral tim dan produktivitas. Terlalu banyak konflik dapat merusak, dan mengganggu pertukaran yang sehat ide dan informasi.
Pemimpin tim harus menemukan keseimbangan yang
tepat antara konflik dan kerjasama,
seperti yang digambarkan dalam gambar
2 di bawah ini. Terlalu sedikit konflik dapat menurunkan
kinerja tim karena tim tidak
mendapatkan benefit dari kombinasi pendapat dan
ide-bahkan perbedaan pendapat-yang mungkin menyebabkan solusi lebih baik atau mencegah tim dari membuat kesalahan. Di ujung lain
dari spektrum,
terlalu banyak konflik mengalahkan usaha kerjasama tim dan mengarah ke turunnya kepuasan karyawan dan komitmen, mencederai kinerja tim. Sejumlah kecil konflik yang dikelola dengan tepat biasanya hasil dalam tingkat tertinggi kinerja tim.
terlalu banyak konflik mengalahkan usaha kerjasama tim dan mengarah ke turunnya kepuasan karyawan dan komitmen, mencederai kinerja tim. Sejumlah kecil konflik yang dikelola dengan tepat biasanya hasil dalam tingkat tertinggi kinerja tim.
Gambar 2
Menyeimbangkan antara Konflik
dan Kerjasama

Sebab-Sebab Terjadinya Konflik
Beberapa faktor dapat menimbulkan konflik. Salah satu penyebab utama dari
konflik adalah
persaingan
atas sumberdaya, seperti uang, informasi, atau persediaan. Ketika individu atau tim harus bersaing untuk sumber daya yang langka atau yang semakin menurun/berkurang, konflik hampir tak terelakkan. Selain itu, konflik sering terjadi hanya karena orang mengejar tujuan yang berbeda. Perbedaan tujuan akhir adalah hal yang alamiah terjadi dalam organisasi. Target salesperson mungkin menempatkan mereka dalam konflik dengan satu sama lain atau dengan manajer penjualan. Selain itu, tujuan departemen penjualan mungkin konflik dengan orang-orang dari manufaktur, dan lain sebagainya.
atas sumberdaya, seperti uang, informasi, atau persediaan. Ketika individu atau tim harus bersaing untuk sumber daya yang langka atau yang semakin menurun/berkurang, konflik hampir tak terelakkan. Selain itu, konflik sering terjadi hanya karena orang mengejar tujuan yang berbeda. Perbedaan tujuan akhir adalah hal yang alamiah terjadi dalam organisasi. Target salesperson mungkin menempatkan mereka dalam konflik dengan satu sama lain atau dengan manajer penjualan. Selain itu, tujuan departemen penjualan mungkin konflik dengan orang-orang dari manufaktur, dan lain sebagainya.
Konflik juga bisa muncul dari kemacetan komunikasi. Komunikasi yang buruk dapat terjadi pada tim mana pun, tapi tim virtual dan global sangat rentan terhadap komunikasi kerusakan. Untuk satu hal, kurangnya isyarat nonverbal dalam interaksi maya mengarah ke lebih banyak kesalahpahaman. Selain itu, masalah kepercayaan dapat menjadi sumber utama konflik di tim virtual jika anggota merasa bahwa mereka sedang ditinggalkan dari interaksi komunikasi penting.
Beberapa
Style Pengendalian Konflik
Tim maupun individu mengembangkan gaya khusus untuk menangani konflik,
berdasarkan
pada keinginan untuk memuaskan kepentingan mereka sendiri dibanding kepentingan pihak lain. Sebuah contoh yang menggambarkan lima gaya penanganan konflik di gambar 3. Dua dimensi utama adalah sejauh mana seorang individu tegas terhadap koperasi di atau pendekatannya konflik.
pada keinginan untuk memuaskan kepentingan mereka sendiri dibanding kepentingan pihak lain. Sebuah contoh yang menggambarkan lima gaya penanganan konflik di gambar 3. Dua dimensi utama adalah sejauh mana seorang individu tegas terhadap koperasi di atau pendekatannya konflik.
Gambar 3
Contoh Styles mengelola Konflik

1. Gaya bersaing
Mencerminkan
ketegasan untuk menggunakan cara sendiri dan
harus digunakan ketika keputusan cepat, tegas dan sangat penting pada
isu-isu penting atau tindakan tidak populer, seperti selama keadaan darurat atau pemotongan biaya yang
mendesak.
2.
Gaya menghindari
Gaya ini tidak mencerminkan
ketegasan ataupun kerjasama. Hal ini tepat
digunakan bila permasalahannya sepele, ketika tidak ada kesempatan menang,
ketika penundaan untuk mengumpulkan lebih banyak informasi diperlukan, atau
ketika gangguan akan menjadi mahal.
3.
Gaya berkompromi
Mencerminkan sejumlah ketegasan dan
kerjasama. Hal ini sesuai
bila tujuan dari kedua belah pihak sama-sama penting, saat lawan memiliki
kekuatan yang sama dan kedua belah pihak ingin membagi/memilah perbedaan, atau
ketika orang perlu mencari solusi sementara bawah tekanan waktu.
4.
Gaya
akomodatif
Mencerminkan tingkat
kerjasama tinggi, yang baik digunakan ketika orang-orang
menyadari bahwa mereka salah, ketika
sebuah
permasalahan/isu dirasa lebih penting bagi orang lain daripada
diri sendiri, ketika membangun
kredit
sosial untuk digunakan dalam diskusi di masa mendatang, dan ketika menjaga
harmoni adalah
suatu hal yang sangat penting.
5.
Gaya
Kolaboratif
Mencerminkan
ketegasan dan
kerjasama secara bersamaan. Gaya berkolaborasi memungkinkan kedua belah pihak untuk
menang, meskipun mungkin memerlukan tawar yang cukup besar dan negosiasi.
Berkolaborasi dengan Gaya ini penting ketika kekhawatiran (kepentingan/concern)
pada kedua belah terlalu sulit
dikompromikan, ketika wawasan dari orang yang berbeda perlu digabung
menjadi solusi secara keseluruhan, dan ketika komitmen dari kedua belah pihak dibutuhkan
untuk suatu konsensus.
dikompromikan, ketika wawasan dari orang yang berbeda perlu digabung
menjadi solusi secara keseluruhan, dan ketika komitmen dari kedua belah pihak dibutuhkan
untuk suatu konsensus.
Negosiasi
Salah satu ciri
khas
dari manajemen konflik adalah negosiasi, dimana orang-orang terlibat dalam diskusi saling pengertian (give and take) dan mempertimbangkan
berbagai alternatif untuk mencapai keputusan bersama yang dapat diterima kedua belah pihak. Negosiasi
digunakan ketika suatu
konflik diformalkan, seperti antara serikat pekerja dan manajemen.
Tipe-tipe
Negosiasi:
1. Negosiasi Integratif: didasarkan pada asumsi “win-win”, di semua pihak ingin datang dengan solusi kreatif yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. Daripada melihat konflik
sebagai
situasi menang-kalah, orang melihat masalah dari beberapa sudut, pertimbangkan trade-off, dan mencoba "memperluas/menambah kue" daripada
membaginya. Dengan negosiasi integratif, konflik dikelola melalui kerjasama dan
kompromi, yang meningkatkan kepercayaan dan positif hubungan jangka panjang.
2. Negosiasi Distributif, di sisi lain, mengasumsikan "ukuran kue" adalah tetap dan masing-masing
pihak mencoba untuk
mendapatkan sebanyak itu yang mereka bisa.
Satu
sisi ingin menang, yang berarti
sisi
lain harus kalah. Dengan
ini pendekatan
menang-kalah
seperti ini, negosiasi distributif kompetitif dan condong pada permusuhan dibandingkan kolaboratif, dan biasanya tidak membawa pada hubungan jangka panjang yang positif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar